Resep Membuat Kolak Singkong Enak dan Lezat

Resep Membuat Kolak Singkong - Singkong merupakan tanaman yang tumbuh subur di Indonesia, tak heran jika hampir di setiap daerah kita bisa mendapatkan singkong dengan mudah. Singkong merupakan makanan yang mengandung banyak karbohidrat layaknya nasi sehingga tak heran jika singkong menjadi makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia. Tentu singkong bisa menjadi altenatif bagi anda yang bosan makan nasi atau untuk sekedar diet. Karena singkong sendiri sangat bagus untuk diet dan banyak orang yang sudah mempraktekkannya.

Singkong memiliki banyak kelebihan, salah satunya singkong dapat di olah menjadi banyak sekali jenis makanan, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Salah satu olahan dari singkong adalah kolak singkong. Kolak singkong merupakan makanan yang cocok di sajikan setiap saat, apalagi di saat bulan ramadhan untuk berbuka, maka nikmatnya semakin terasa.

Resep Membuat Kolak Singkong Enak dan Lezat

Mengingat harga singkong yang murah, tentu anda bisa membuat kolak singkong ini dengan budget rendah. Kita bisa mendapatkan singkong di pasar-pasar tradisional atau anda bisa menanam sendiri. Untuk membuat kolak singkong tidak berbeda jauh dengan kolak jenis lainnya, yang berbeda hanya bahan dasarnya saja. Langsung saja simak resep membuat kolak singkong berikut ini.

Resep Cara Membuat Kolak Singkong Enak dan Lezat


Bahan - Bahan :

- 500 gram singkong (sesuaikan dengan jumlah keluarga)
- Kolang-kaling (sebagai penambah saja, bisa juga dengan bahan lain semisal pisang)
- Air santan setengah buah kelapa
- Gula merah secukupnya
- Gula pasir secukupnya
- 500 ml air
- Garam secukupnya
- Dua lembar daun pandan (menambah aroma khas kolak)

Cara Membuatnya :

1. Kupas singkong lalu bersihkan dan potong-potong menjadi beberapa bagian dengan ukuran 3-5 cm. Lalu rebus potongan singkong bersamaan kolang-kaling hingga setengah matang.
2. Tambahkan ke dalam rebusan tadi air santan bersamaan dengan gula, garam dan dua lembar daun pandan.
3. Selanjutnya aduk merata supaya gula larut dan kolak menjadi manis. Sesuaikan saja gulanya sesuai selera anda dan keluarga.
4. Setelah singkong empuk dan matang bisa di hidangkan.
Baca Juga : Resep Membuat Sate Telur Puyuh Sederhana Lezat
Bagaimana mudah bukan untuk membuat kolak singkong, jangan lupa untuk membersihkan singkong sebelum di olah, usahakan memilih singkong yang sudah siap olah dan tidak terlalu tua, sehingga nantinya kolak singkong memiliki rasa dan tekstur yang pas. Itulah resep membuat singkong yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak resep membuat kolak singkong enak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Kolak Singkong Enak dan Lezat

FANSPAGE