Resep Membuat Kue Keciput Renyah Khas Lebaran

Resep Membuat Kue Keciput Renyah - Siapa yang tidak mengenal kue keciput, kue yang sering kita jumpai saat lebaran ini memang menjadi primadona di kelasnya. Memang bukan kue mahal, karena keciput sendiri di buat dari bahan-bahan sederhana seperti terigu dan telur. Kue keciput merupakan resep kue kering warisan nenek moyang, entah siapa yang menemukannya. Yang jelas kue dengan bentuk bulat plus wijen di sekelilingnya ini memang sangat familiar dan sering kita jumpai saat lebaran tiba.

Kue keciput ini hampir mirip dengan onde-onde jika di lihat dari bentuknya, hanya saja kue keciput memiliki tekstur keras dengan bentuk yang kecil. Untuk rasa jelas berbeda jauh, karena kue keciput tergolong kue kering. Karena kue keciput tergolong kue kering, maka kue ini pun cukup awet dan bisa bertahan dalam tempo berhari-hari bahkan sampai 1 bulan atau lebih.

Resep Membuat Kue Keciput Renyah Khas Lebaran

Di kesempatan kali ini resepmembuat99 akan membagikan resep membuat kue kering keciput yang manis dan tentunya aman untuk cemilan keluarga tercinta. Untuk bahannya sendiri bisa anda dapatkan di toko bahan makanan kue atau di pasar tradisional bahkan di swalayan. Langsung saja simak resepnya berikut ini.

Resep Membuat Kue Keciput Renyah Gurih Enak


Waktu Membuat : ± 90 Menit
Saran penyajian: 300 gram

Bahan-bahan :

- 250 gram tepung terigu segitiga
- 30 gram cokelat bubuk
- 1 butir telur
- 3 sdm gula pasir
- 1 sdt baking powder
- ½ sdt garam
- Minyak secukupnya, untuk menggoreng
- 150 gram wijen

Cara Membuatnya :

1. Kocok telur dan gula pasir hingga gula larut
2. Campur tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder dan garam, aduk rata
3. Masukkan campuran telur sedikit demi sedikit ke adonan sambil diaduk hingga tercampur rata dan kalis.
4. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil, seperti kelereng, lalu gulingkan diatas wijen hingga rata. Lakukan hal yang sama hingga adonannya habis
5. Goreng menggunakan minyak panas sedang hingga keciput berwarna kuning kecokelatan dan kering. Angkat lalu tiriskan
6. Setelah keciput dingin, simpan ke dalam toples atau wadah kedap udara.
Baca Juga : Resep Membuat Wedang Angsle Sederhana Nikmat
Kue keciput ini pada umumnya setelah di goreng akan mengembang dan lebih besar dari ukuran sebelumnya. Cek saja terlebih dahulu, jika memang mengembang, maka adonan keciput sebelum di goreng harus di sesuaikan agar tidak kebesaran. Karena kue keciput ini pada umumnya di makan hanya sekali lahap saja, layaknya kacang atom. Selamat mencoba resep keciput ini, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak resep membuat keciput sederhana renyah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Kue Keciput Renyah Khas Lebaran

FANSPAGE