Resep Membuat Kue Nagasari Pisang Sederhana

Resep Membuat Kue Nagasari - Siapa yang tidak suka dengan kue nagasari, kue basah tradisional yang satu ini merupakan makanan favorit yang pada umumnya di buat saat ada acara seperti syukuran Pernikahan. Selain itu nagasari juga banyak di jual oleh pedagang kue basah, karena memang kue yang satu ini banyak peminatnya. Namun meskipun begitu, kue yang satu memiliki kelemahan yakni masa berlakunya yang hanya beberapa hari saja, kecuali jika di masukkan kulkas yang mungkin bisa bertahan sampai 3 atau 4 hari.

Kue basah nagasari ini di sukai oleh semua kalangan, baik muda hingga tua, anak-anak pun menyukai kue nagasari ini. Meskipun kue ini tampilannya gitu-gitu aja, namun tetap saja menjadi panganan favorit keluarga Indonesia dan dapat di temukan baik di toko tradisional sampai yang modern.

Resep Membuat Kue Nagasari Pisang Sederhana

Kue Nagasari berbahan dasar tepung beras, tak heran memiliki tekstur yang agak kenyal. Sedangkan tengahnya atau isinya di isi dengan pisang. Gunakan pisang raja, pisang tanduk atau pisang jenis lainnya sesuai selera atau keadaan. Untuk membuat kue basah nagasari cukup gampang, yang mungkin menjadi tantangan adalah bagaimana membuat kue nagasari yang lembut dan tidak menggumpal, Selain itu selalu gunakan tepung segar agar adonan tidak bau apak. Langsung saja simak info resep membuatnya berikut ini.

Resep Membuat Kue Nagasari Pisang


Waktu Memasak ± 75 Menit

Bahan-bahan :


Bahan 1:
- 200 gram tepung beras
- 400 ml santan kekentalan sedang
- 1 sendok teh vanila ekstrak atau ½ sendok teh vanili bubuk
- 1 sendok teh garam
- 130 gram gula pasir

Bahan 2:

- 400 ml santan kental
- 100 gram tepung tapioka

Bahan Lain:
- pisang secukupnya, potong melintang sepanjang ±3 cm dan belah dua
- Daun pisang untuk membungkus adonan

Cara Membuatnya :

1. Bahan 1: Masukkan tepung beras dan santan ke dalam panci lalu aduk merata.
2. Jangan lupa, gunakan saringan untuk menyaring gumpalan pada adonan nagasari.
3. Selanjutnya masukkan adonan tadi ke dalam panci, tambahkan garam, gula pasir dan daun pandan. Masak menggunakan api kecil saja sambil diaduk-aduk hingga adonan mengental.
4. Tuangkan bahan 2 ke dalam adonan di panci, lalu aduk dan masak terus hingga adonan mengental, pekat dan santan telah mengering.
5. Siapkan 2 lembar daun pisang, sepanjang ± 15 cm, bentangkan. Letakkan 2 sdm adonan di atas daun pisang, tekan-tekan agar sedikit melebar. Letakkan 1 buah pisang tadi di tengah adonan lalu tutup kembali dengan adonan.
6. Bungkus adonan nagasari dengan daun pisang, dengan melipat ke dalam. Pelan-pelan, jangan sampai daun pisang robek.
7. Terakhir letakkan kue nagasari di dalam dandang kukusan dengan bagian lipatan di bagian bawah. Kukus selama ± 20 menit.
8. Angkat setelah nagasari matang, biarkan hingga dingin lalu sajikan.
Baca Juga : Resep Membuat Kue Putri Salju Nikmat
Perlu pembaca ketahui, agar proses pembungkusan kue mudah dan daun tidak mudah robek, maka gunakan daun pisang yang sudah di bersihkan lalu panaskan di atas api sampai daun pisangnya lemas, ingat tarus di atasnya, bukan di dalam apinya. Cukup sekian semoga informasi resep cara membuat jajan nagasari ini bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Kue Nagasari Pisang Sederhana

FANSPAGE