Resep Membuat Ikan Bakar Gurame Sederhana Lezat

Resep Membuat Ikan Bakar Gurame - Aneka hidangan dengan bahan utama ikan air tawar memang lezat, namun ada satu yang paling spesial menurut penulis, mungkin juga menurut pembaca yang sedang mencari resepnya saat ini. Yakni ikan bakar, yups mengolah ikan dengan cara di bakar dan di tambah dengan aneka bumbu pendukung bisa menghadirkan cita rasa ikan yang lebih lezat dan nikmat. Makan pun menjadi lahap apalagi jika benar dalam mengolahnya. Salah satu jenis ikan air tawar yang sangat di rekomendasikan untuk di bakar ialah ikan gurame. Ikan yang terkenal dengan gurih dagingnya ini memang menjadi ikan favorit oleh sebagian orang.

Hanya saja ikan gurame ini memiliki harga jual yang cukup tinggi, kita pun harus merogoh kocek yang agak dalam untuk bisa membelinya. Bayangkan saja harganya bisa mencapai 40 ribu/kilo bahkan lebih di pasaran. Mungkin untuk daerah penghasil ikan gurame harganya bisa di bawah itu. Namun dengan rasa yang sangat nikmat dan kandungan gizi yang banyak, tidak ada salahnya jika sekali-kali menghidangkan dan mengolah resep ikan bakar gurame untuk keluarga tercinta.

Resep Membuat Ikan Bakar Gurame Sederhana Lezat

Kandungan gizi yang ada pada ikan gurame cukup bervariasi, mulai dari kalium, protein, vitamin A dan lain sebagainya. Yang lebih penting lagi, ikan gurame tergolong ikan yang memiliki duri sedikit, sehingga sangat aman jika di konsumsi oleh anak-anak.

Bagi anda yang ingin membuat ikan bakar gurame, perlu bersabar karena mengolahnya gampang-gampang susah, apalagi harus menyiapkan berbagai perlengkapan mulai dari arang sampai alat pemanggang. Karena dengan menggunakan arang, ikan bakar yang di hasilkan semakin nikmat dan lezat. Baiklah simak baik-baik resep membuat ikan bakar gurame berikut ini.

Resep Membuat Ikan Bakar Gurame Sederhana


Waktu Memasak : 1 Jam
Saran Penyajian : 5

Bahan-bahan :


Bahan :
- 2 ekor ikan gurame besar
- 2 buah jeruk nipis
- 4 sdm minyak goreng

Bumbu halus :
- 4 siung bawang merah
- 2 cm jahe
- 1 sdt garam

Bumbu oles :
- 6 sdm kecap manis
- 3 butir bawang merah, haluskan
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 2 sdm minyak goreng, campur semua bahan

Sambal :
- 10 buah cabai rawit/kecil
- 8 buah cabai merah keriting
- 1 buah tomat merah
- 1 sdt gula
- 1 sdt garam

Cara Membuatnya :

1. Bersihkan ikan gurame, sayat bagian kanan dan kiri ikan. Lumuri ikan gurame dengan air perasan jeruk nipis.
2. Lalu balurkan bumbu halus di tubuh ikan merata dan biarkan bumbu meresap selama kurang lebih 15 menit.
3. Sambil menunggu nyalakan arang hingga panas dan bara merah, lalu bakar ikan gurame hingga matang sambil sesekali diolesi bumbu oles. Angkat jika ikan sudah matang.
4. Untuk sambal : tumis seluruh bahan sambal, kecuali garam dan gula, tumis hingga layu. Angkat dan haluskan bersama gula dan garam.
5. Terakhir sajikan ikan gurame bakar bersamaan dengan sambalnya.
Baca Juga : Resep Membuat Terong Balado Pedas Khas Padang
Itulah resep mengolah ikan gurame menjadi ikan bakar, bahan yang di gunakan cukup beragam namun bisa di dapatkan dengan mudah di pasar dan toko sayuran sekitar rumah. Sekedar informasi, sebaiknya hidangkan ayam bakar ini saat semua anggota keluarga berkumpul, karena acara bakar-bakar bersama keluarga tentu lebih seru dan menyenangkan. Cukup sekian semoga bermanfaat informasi resep ikan bakar gurame sederhana.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Ikan Bakar Gurame Sederhana Lezat

FANSPAGE