Resep Cara Membuat Soto Khas Lamongan Sederhana

Resep Cara Membuat Soto khas Lamongan - Soto merupakan olahan yang sangat terkenal dimana saja terutama di daerah Jawa Timur yang terkenal dengan soto lamongannnya. Soto Lamongan ini sebenarnya bisa di jumpai disetiap daerah di Jawa Timur tidak hanya di daerah Lamongan saja. Baik itu di kota Malang, Lumajang, Surabaya dan lain sebagainya mudah mendapatkan soto jenis ini. Bahkan resepnya sudah turun menurun dan hampir semua orang tua bisa mengolahnya. Mendapatkan soto pun sangat mudah, hampir di setiap pinggir jalan ada saja yang menjual soto ayam lamongan ini sebagai menu andalannya.

Untuk soto lamongan sendiri mengggunakan bahan dasar ayam, bisa juga di katakan sebagai soto ayam. Perbedaan mendasar antara soto ayam dengan soto daging ialah bahan campurannya, dimana soto daging pada umumnya menggunakan daging sapi sedangkan soto ayam menggunakan ayam baik itu ayam kampung maupun ayam pedaging. Jika anda menginginkan soto dengan rasa yang lebih nikmat maka bisa menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Karena nantinya kuah kadlu yang di hasilkan terasa lebih nikmat.

Resep Cara Membuat Soto Khas Lamongan Sederhana

Bagi anda yang masih pertama kali mengolah soto pasti kebingungan, maka dari itu silahkan baca resep soto lamongan yang akan kami bagikan berikut ini. Jika di rasa kurang paham, alangkah baiknya jika anda bertanya langsung kepada sanak keluarga yang bisa membuat, karena belajar dengan praktek langsung lebih baik hasilnya.

Resep Cara Membuat Soto Lamongan Sederhana


Bahan Untuk Soto :

- Ayam 1/4 ekor
- Daun jeruk 2 lembar
- Merica bubuk 1/4 sendok teh
- Serai 1 batang, memarkan
- Gula pasir 1 sendok teh
- Air 1 liter
- Garam secukupnya
- Minyak goreng 700 ml

Bumbu Halus :

- Bawang merah 4 butir
- Bawang putih 2 siung
- Ketumbar butiran 1/2 sendok teh, sangrai
- Kemiri 2 butir, sangrai
- Kunyit 2 cm, bakar dan kupas

Bahan Koya :
- Kerupuk udang 4 buah
- Bawang putih 1/2 sendok makan, goreng

Pelengkap Untuk Soto :

- Nasi putih secukupnya
- Tauge rebus secukupnya
- Soun secukupnya
- Bawang goreng secukupnya
- Irisan daun bawang dan jeruk nipis secukupnya
- Kecap manis secukupnya

Cara Membuat Soto Lamongan :

1. Siapkan panci, rebus ayam untuk kaldu soto ayam menggunakan api kecil hingga berkaldu dan matang. Angkat, lalu saring air kaldunya dan panaskan kembali.
2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus dengan serai dan daun jeruk hingga baunya harum. Lalu angkat dan masukkan ke dalam rebusan ayam tadi. Tambahkan gula pasir, merica bubuk dan garam. Aduk merata, masak hingga bumbunya meresap ke dalam ayam, lalu angkat ayam.
3. Panaskan minyak dan goreng ayam hingga matang. Angkat lalu tiriskan. Suwir suwir daging ayam sesuai selera, sisihkan.

Membuat Koya :
4. Haluskan semua bahan koya, sisihkan.

Meracik Soto Ayam Lamongan :
5. Masukan nasi putih ke dalam mangkuk, di tambah dengan soun, tauge dan ayam suwir di atasnya. Lalu siram dengan kuah/kaldu soto, taburi daun bawang, bawang goreng dan juga koya di atasnya. Sajikan soto ayam lamongan bersamaan dengan pelengkap lainnya(Sesuai selera).
Baca Juga : Resep Cara Membuat Asinan Betawi Khas Jakarta Enak
Itulah resep sederhana dari soto lamongan, memang tidak sederhana yang ada pada tulisan di atas, karena praktek langsung terasa lebih sulit. Semoga bermanfaat artikel kali ini dan semoga olahan soto lamongan di sukai keluarga tercinta. Terimakasih sudah membaca resep membuat soto lamongan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Soto Khas Lamongan Sederhana