Resep Cara Membuat Ayam Bakar Manis Gurih Lezat

Resep Cara Membuat Ayam Bakar - Olahan yang satu ini sangat cocok mengisi waktu akhir pekan bersama keluarga tercinta baik di lakukan di halaman rumah atau ketika pergi camping di luar rumah. Yups ayam bakar merupakan olahan ayam yang sangat nikmat di santap bersama orang tercinta. Menikmati ayam bakar di akhir pekan di temani dengan sepiring nasi serta sambal akan membuat akhir pekan semakin sempurna.

Ayam bakar sendiri bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat sebagai pengganti aneka jenis makanan dari ayam lainnya. Karena olahan seperti ayam goreng sudah sering kita santap dan sangat membosankan. Dengan mengolah ayam menjadi ayam bakar tentu menghadirkan variasi masakan keluarga di rumah.

Resep Cara Membuat Ayam Bakar Manis Gurih Lezat

Untuk membuat ayam bakar sendiri bisa di katakan gampang-gampang susah, mengingat bumbu dan bahan yang di gunakan tidak bisa di katakan sedikit. Untuk bahan utama tentu saja ayam dimana bisa menggunakan ayam kampung maupun ayam pedaging pada umumnya. Untuk bahan-bahannya anda bisa mendapatkan di toko atau di pasar tradisional. Lantas bagaimana langkah-langkahnya? simak resep membuat ayam bakar manis berikut ini.

Resep Cara Membuat Ayam Bakar Manis dan Gurih


Bahan-bahan :

- 1 ekor ayam, belah menjadi 4-5 bagian, buang kulitnya
- 4 lembar daun salam
- 5 cm lengkuas geprek
- 2 batang serai geprek
- 5 sdm kecap manis
- 2 sdm air asam jawa
- 3 sdm gula merah yang sudah diiris
- secukupnya garam
- 500 ml air
- sedikit minyak untuk menumis
   

Bumbu Halus:

- 12 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 2 cm jahe
- 3 cm kunyit
- 1 sdt ketumbar
- 1/2 sdt jinten
- 4 butir kemiri

Cara Membuatnya :

1. Tumis bumbu halus sampai baunya harum, masukkan ayam aduk merata. Tambahkan lengkuas, serai dan daun salam, lalu aduk lagi hingga bumbu meresap.
2. Tambahkan air, kecap, garam, gula merah dan air asam jawa. Selanjutnya terus masak hingga ayam matang dan bumbu meresap sempurna serta kuahnya telah mengental menyerupai saos.
3. Berikutnya angkat ayam dan sisihkan kuah rebusan ayam tersebut. Nantinya di gunakan sebagai olesan pada saat ayam dipanggang.
4. Panggang ayam diatas bara, jangan lupa olesi dengan sisa kuah rebusan tadi dan panggang hingga matang, jangan lupa bolak-balik ayam agar matang merata.
5. Apabila sudah matang, bisa disajikan bersama sambal kecap, sambal terasi atau sambal sesuai selera masing-masing.
Baca Juga : Resep Cara Membuat Kare Ayam Kentang Enak Sederhana
Sebenarnya untuk porsi ayam anda bisa menyesuaikan sendiri sesuai dengan jumlah anggota keluarga di rumah. Misalnya di rumah ada 6 orang maka anda bisa membagi 1 ekor ayam menjadi 6 bagian. Atau jika ingin dalam porsi daging yang besar, anda bisa memasak 2 ekor ayam sekaligus. Ayam bakar di atas sangat pas di santap dengan nasi hangat di sertai sambal kesukaan anda. Cukup sekian semoga bermanfaat informasi Resep Membuat Ayam Bakar Sederhana.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Ayam Bakar Manis Gurih Lezat

FANSPAGE