Resep Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah Enak

Resep Cara Membuat Kue Klepon - Siapa yang tidak mengenal kue yang satu ini, kue yang memiliki ciri khas berwarna hijau dengan bentuknya yang mini ini memiliki sensasi tersembunyi di kala kita menggigitnya. Yups sensasi tersebut ialah ledakan isi dari klepon itu sendiri. Pada umumnya isian dari klepon adalah gula merah yang sebelumnya sudah di masukkan ke dalam klepon terlebih dahulu. Dengan begitu ketika di santap, lelehan gula merah akan terasa lezat di mulut. Tak heran jika ada tebakan "kue apa jika di gigit balas menggigit" dan jawabannya adalah kue klepon ini.

Kue yang satu ini bisa menjadi kue pembuka di kala berbuka puasa, seperti yang kita tahu, ketika berbuka di anjurkan mengonsumsi makanan yang manis-manis, nah kue klepon ini menjadi pilihan yang tepat. Selain energi akan kembali terisi, perut pun terasa kenyang di karenakan kandungan karbohidrat dari tepung ketan.

Resep Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah Enak

Bahan untuk membuat klepon sendiri cukup simple dan mudah di dapatkan di pasaran, waktu membuatnya juga cukup singkat dan yang pasti bagi anda yang masih pemula dalam memasak bisa mempratekkan sendiri tanpa harus repot-repot. Baiklah langsung saja simak resep membuat kue klepon kentan yang nikmat berikut ini.

Resep Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah


Bahan :

- 300 gram tepung ketan
- 4 sdm air mendidih
- 150 ml santan hangat
- 50 ml air daun suji
- ½ sdm air kapur
- 200 gram gula merah, sisir halus
- 1 butir kelapa yang agak muda, kupas lalu parut memanjang
- Garam secukupnya

Cara Membuatnya :

1. Siram tepung menggunakan air mendidih lalu aduk rata. masukkan garam, air kapur dan air daun suji sambil dituangi air santan sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan tersebut dapat dibentuk.
2. Sekarang ambil adonan sebesar kelereng, pipihkan terlebih dahulu lalu isi dengan gula merah yang telah disisir tadi. Bentuk bulatan dan lakukan langkah ini hingga adonan habis.
3. Berikutnya siapkan air mendidih, masukkan dan rebus bulatan klepon hingga mengapung, ini artinya klepon sudah matang. Angkat dan tiriskan.
4. Campurkan kelapa dengan sedikit garam. Lalu Kukus dengan  diberi daun pandan, sekitar 5 menit.
5. Langkah terakhir, guling-gulingkan klepon yang sudah matang pada kelapa parut kukus.
6. Sajikan klepon di mangkok daun kecil atau sesuai selera.
Baca Juga : Resep Cara Membuat Ayam Crispy Seperti KFC Yang Renyah
Menemukan daun suji mungkin cukup sulit terutama bagi kita yang berada di kota, sehingga sebagai alternatifnya anda bisa menggunakan pewarna makanan instan. Gunakan pewarna makanan asli yang telah lulus Badan POM agar aman bagi kesehatan orang yang mengonsumsinya. Cukup sekian, jangan lupa share artikel ini dan terimakasih sudah membaca Cara Membuat Kue Klepon Ketan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah Enak