Resep Cara Membuat Ayam Crispy Seperti KFC Yang Renyah

Resep Cara Membuat Ayam Crispy - Olahan ayam merupakan olahan favorit bagi kebanyakan orang pada umumnya karena memang daging ayam memiliki tektur yang lembut, daging yang enak dan harga yang masih bersahabat. Tak heran apabila aneka olahan ayam menjadi menu favorit di berbagai rumah makan baik restoran maupun rumah makan sederhana. Ada banyak sekali olahan ayam dari yang paling sederhana ayam goreng kemudian sup ayam, ayam rica-rica, sate ayam dan juga ayam cripsy. Ada puluhan bahkan mungkin ratusan makanan yang bisa di buat dari bahan dasar daging ayam ini dan di kesempatan kali ini kami akan membagikan resep membuat ayam crispy seperti milik KFC.

Ayam cripsy sangat cocok di santap bersamaan dengan nasi hangat dan segelas teh hangat atau dingin. Di lengkapi degan sambal atau saos tomat membuat rasanya makin lezat dan menggeliat di mulut. Untuk membuat ayam crispy sendiri bisa di katakan gampang-gampang susah, bagi pemula tentu saja bisa di kategorikan susah mengingat banyak yang gagal membuat ayam cripsy.

Resep Cara Membuat Ayam Crispy

Baiklah langsung saja ke topik pembahasan, simak baik-baik ini dia cara membuat ayam crispy CFC yang telah kami ulas sebaik mungkin di bawah ini.

Resep Cara Membuat Ayam Crispy Seperti KFC


Bumbu-bumbu :

a. Bahan-bahan:
- 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian
- 2 putih telur sebagai bahan pencelup
- 2 sdm minyak goreng
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 1 sdt air jeruk nipis

b. Bumbu-bumbu Halus:
- 3 siung bawang putih
- 3 butir kemiri, disangrai
- 3 sdt cabai bubuk (jika mau)
- 1 sdt merica
- 1 sdt ketumbar yang sudah disangrai
- 1 cm Jahe

c. Bahan Tepung Pelapis Agar Crispy:
- 200 gram tepung terigu
- 1 sdt baking soda
- ¼ sdt ketumbar bubuk
- ¼ sdt pala bubuk
- 1 sdt garam
- ½ sdt merica bubuk
- 20 gram tepung maizena
- 20 gram tepung beras
- 1 sdt cabai bubuk (jika mau)

Cara Membuatnya :

1. Ayam yang sudah di potong lumuri dengan air jeruk nipis. Sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng pada penggorengan. Tumis bumbu halus hingga baunya harum. Tambahkan gula dan garam lalu aduk hingga matang.
3. Masukkan ayam tadi, masak hingga berubah warnanya. Tambahkan air lalu tutup wajan, ungkep ayam hingga airnya mengering. Setelah itu Angkat lalu tiriskan.
4. Langkah berikutnya campurkan semua bahan tepung pelapis menjadi 1. 5. Lalu tak ketinggalan kocok putih telur hingga berbusa.
6. Selanjutnya ambil ayam ungkepan, bersihkan bumbu yang menempel.
7. Selanjutnya celupkan ayam ke dalam kocokan putih telur lalu guling-gulingkan pada tepung pelapis tadi. Ulangi proses beberapa kali agar ayam menjadi crispy.
8. Langkah berikutnya masukkan ayam ke dalam kulkas sekitar 1 jam.
9. Terakhir panaskan minyak goreng menggunakan api besar. Goreng ayam hingga warnanya kuning keemasan atau sesuai selera.
10. Matang dan Hidangkan.
Baca Juga : Resep Membuat Kue Getuk Tradisional Yang Lezat
Membuat ayam cripsy sebenarnya tidak begitu rumit hanya saja terkadang kesalahan sedikit bisa membuat tekstur terigu tidak seperti ayam cripsy pada umumnya. Ayam cripsy yang kami bagikan di atas pun belum tentu menyerupai ayam cripsy buatan KFC yang sebenarnya, karena pada dasaranya KFC memiliki resep rahasian sendiri. Namun tentu saja ayam crispy yang telah kita buat tidak kalah enak dengan ayam crispy milik KFC. Cukup sekian semoga saja bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak Resep Ayam Cripsy Ala KFC.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Ayam Crispy Seperti KFC Yang Renyah

FANSPAGE