Resep Membuat Kue Getuk Tradisional Yang Lezat

Resep Membuat Kue Getuk - Bagi kita yang tinggal di pulau jawa tentu sudah tidak asing lagi dengan olahan yang satu ini, yups jajajan yang konon katanya berasal dari daerah Jawa Tengah ini sangat terkenal di seluruh pulau jawa bahkan mungkin di berbagai pulau lainnya. Jajanan getuk terdiri dari beberapa jenis ada getuk goreng dan juga getuk kukus. Selama ini mungkin sebagian dari kita hanya mengetahui jika getuk ya di kukus tidak di goreng.

Makanan yang di kukus tentu lebih sehat dari pada makanan yang di goreng, karena dengan media kukus, makanan tidak tercampur dengan bahan lainnya. Jika di goreng tentu membutuhkan minyak yang bisa membahayakan kesehatan kita. Di kesempatan kali ini kami ingin membagikan informasi bagaimana cara membuat getuk kukus yang lezat yang mana sangat cocok di makan sebagai sajian menu ngemil atau acara kumpul keluarga.

Resep Membuat Kue Getuk Tradisional Yang Lezat

Untuk membuat getuk di gunakan bahan dasar singkong, tentu kita bisa mudah menemukan singkong ini terlebih bagi kita yang tinggal di desa. Singkong juga tersedia banyak di pasar sehingga cukup mudah mendapatkannya. Bagi anda yang tertarik, simak resep membuat getuk kukus berikut ini, ikuti langkahnya dengan benar ya agar getuk yang di hasilkan sempurna.

Resep Membuat Kue Getuk Tradisional Lezat


Waktu Memasak : 60 Menit
Saran penyajian: 20 buah

Bahan :

- 500 gram singkong,kukus lalu haluskan
- 4 sdm santan kental
- 1 sdm mentega
- 100 gram kelapa parut
- 2 sdm gula pasir
- Pewarna merah muda dan hijau muda (jika suka)
- Kelapa parut secukupnya

Cara Membuatnya :

1. Ambil singkong, kupas kulit dan bersihkan. Selanjutnya potong ukuran sekitar 5 cm dan kukus menggunakan air mendidih hingga empuk.
2. Tumbuk singkong hingga halus kemudian campurkan singkong yang telah dilumatkan dengan mentega, kelapa parut, santan kental dan gula. Aduk-aduk hingga merata.
3. Apabila anda ingin menambahkan warna, bagi adonan menjadi 3 bagian, satu bagian diberi warna hijau muda. Satu bagian diberi warna merah muda. Satu bagian lagi dibiarkan tanpa warna atau original.
4. Langkah selanjutnya ambil selembar plastik dan letakkan adonan tersebut di atasnya. Tutup lagi dengan plastik dan giling menggunakan rol kayu sampai pipih. Selanjutnya cetak sesuai selera anda.
5. Getuk siap, sajikan getuk singkong dengan taburan kelapa parut atau sesuai selera.
Baca Juga : Resep Membuat Ceker Setan Super Pedas Khas Malang
Membuat getuk sebenarnya cukup mudah, karena bahan dan alat yang di butuhkan tidak terlalu rumit. Sangat berbeda dengan kue modern yang mana membutuhkan peralatan yang cukup banyak. Getuk di atas bisa anda kreasikan sendiri dengan bentuk yang anda sukai, selain itu bisa juga memberikan variasi rasa dengan menambahkan coklat chip atau keju di atasnya. Cukup sekian semoga bermanfaat referensi Resep Getuk Kukus Tradisional.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Kue Getuk Tradisional Yang Lezat

FANSPAGE