Resep Cara Membuat Kolak Labu/Waluh Yang Enak

Resep Cara Membuat Kolak Labu - Kolak merupakan makanan berkuah yang di gemari banyak orang baik anak-anak hingga orang dewasa. Ciri khas dari kolak ialah kuahnya yang sangat manis dan bewarna putih, kuning keemasan atau bahkan coklat. Kolak sendiri sangat beraneka ragam tergantung dari jenis bahan yang di gunakan. Ada kolak kacang hijau, kolak ubi, kolak singkong, kolak pisang, kolak mutiara dan ada juga kolak labu. Nah, di kesempatan kali ini kolak labu lah yang akan kami bagikan resepnya kepada pembaca.

Sebenarnya rasa kolak sendiri tidak berbeda jauh antara yang satu dengan yang lainnya, terutama dari segi kuahnya. Hanya saja pada umumnya rasa kuahnya bercampur dengan bahan utama yang di gunakan. Kolak sendiri merupakan hidangan yang pas di sajikan terutama sebagai menu berbuka puasa. Karena rasanya yang manis dan mengenyangkan. Kolak ini tentu menjadi makanan yang pas sebagai menu pembuka di saat berbuka puasa sehingga menjadi pilihan banyak orang di Indonesia.

Resep Cara Membuat Kolak Labu/Waluh Yang Enak

Salah satu jenis kolak yang cukup lezat ialah kolak labu atau dalam bahasa jawa sering di sebut dengan waluh. Waluh merupakan buah bewarna kuning keemasan dengan ukuran yang cukup besar, rata-rata di atas 1 kg beratnya. Waluh ini sebenarnya bisa di olah menjadi aneka jenis makanan seperti di rebus, sayur dan juga di kolak. Lalu bagaimana cara membuatnya? simak resep membuat kolak waluh berikut ini.

Resep Cara Membuat Kolak Labu/Waluh Yang Enak


Bahan :

- 1 buah labu kuning yang matang/tua
- 300 gram gula merah ( disisir halus )
- 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 1 sendok teh garam halus
- 2 liter santan kelapa

Cara Membuat Kolak Labu/Waluh :

1. Ambil labu lalu kupas kulitnya dan potong bentuk dadu dengan ukuran antara 2 cm - 3 cm.
2. Selanjutnya cuci potongan labu menggunakan air bersih dan tiriskan.
3. Panaskan air pada panci, masukkan gula merah, vanili bubuk dan garam bersamaan dengan santan. Rebus hingga mendidih sambil diaduk.
4. Masukkan potongan labu tadi ke dalam panci.
5. Masak kolak sampai labu matang/empuk dan kuahnya menyusut.
6. Selesain, sajikan selagi masih hangat pada mangkuk atau wadah saji.
Baca Juga : Resep Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah Enak
Sebenarnya untuk gula sendiri bisa menggunakan gula putih/pasir, terutama bagi anda yang tidak suka gula merah atau sulit mendapatkan gula merah. Cukup sekian yang dapat kami bagikan, semoga berhasil kolaknya dan selamat mencicipi. Semoga bermanfaat informasi Resep Kolak Labu Enak dan Lezat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Kolak Labu/Waluh Yang Enak

FANSPAGE