Resep Cara Membuat Ikan Bakar Sederhana Yang Enak

Resep Cara Membuat Ikan Bakar - Selamat datang pembaca budiman, di kesempatan yang berbahagia ini admin akan kembali berbagi informasi sebuah resep yang tentunya bisa menambah wawasan dan ilmu kita semua dalam hal memasak. Sesuai judul di atas kami akan membagikan resep membuat ikan bakar. Resep yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat di akhir pekan atau ketika liburan, karena rasanya makan ikan bakar tidak enak jika sendiri, akan lebih terasa jika di makan bersama keluarga atau teman.

Resep Cara Membuat Ikan Bakar Sederhana Yang Enak

Ikan bakar sendiri merupakan masakan sederhana yang sudah turun-menurun dan sangat melekat kental di hati masyarakat Indonesia. Ikan yang bisa di gunakan sangat banyak dan bervariasi, seperti ikan guramai, ikan lele, ikan patin, ikan mas, ikan nila, ikan mujair dan masih banyak jenis ikan lainnya. Pastikan ikan yang ingin di bakar memiliki ukuran yang cukup, tidak terlalu kecil. Karena dengan ukuran yang kecil nantinya ikan mudah terbakar dan daging menjadi hangus sehingga rasanya pahit.

Nah bagi anda yang ingin mencoba resep ini, maka di butuhkan beberapa alat seperti pembakaran, arang, penjepit ikan (jika ada) dan kipas. Jika sudah lengkap langsung saja ikuti resep membuat ikan bakar berikut ini, terapkan dengan benar ya.

Resep Cara Membuat Ikan Bakar Enak dan Sederhana


Bahan-bahan :

- 1 ekor ikan bisa gurame, kakap, mas dan lain-lain
- 1/2 sendok tah bubuk kunyit
- 1 buah jeruk nipis
- 2 sendok makan kecap manis
- 1/2 sendok teh ketumbar
- Garam secukupnya
- 3 sendok makan minyak sayur
- 4 sendok makan kecap manis

Bumbu Halus :

- 3 butir bawang merah
- 1 ruas jahe
- Cabai sesuai selera
- 3 butir bawang putih

Cara Membuatnya :

1. Bersihkan ikan sebersih mungkin. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, diamkan terlebih dahulu selama 30 menit lalu campur bumbu halus dengan semua bumbu menjadi satu.
2. Langkah berikutnya tuang bumbu pada ikan dan oleskan bumbu pada ikan secara merata, sisakan bumbu sedikit dan diamkan lagi sekitar 30 menit.
3. Siapkan pembakaran, bakar ikan menggunakan penjepit. ketika membakar, sesekali olesi ikan agar bumbu lebih meresap dengan sisa bumbu tadi. Jangan lupa bolak-blik ikan agar matang merata di kedua sisi.
4. Bila ikan sudah hampir matang, olesi dengan kecap manis dan bakar lagi sebentar saja sisi-sisinya.
5. Selesai, hidangkan dengan aneka sayuran agar lebih mantap.
Baca Juga : Resep Membuat Soto Kudus Sederhana Yang Lezat
Yang perlu anda perhatikan, sebelum di bakar ikan harus di bersihkan terlebih dahulu terutama kotorannya. Bagian lain seperti usus sebaiknya juga di buang. Ketika membakar ikan, pastikan ikan di bolak balik, jangan sampai gosong. Pastikan juga ikan matang dengan sempurna mulai dari ujung kepala sampai ekornya. Cukup sekian yang dapat kami bagikan, semoga saja informasi ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca ulasan Resep Ikan Bakar Sederhana Lezat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Ikan Bakar Sederhana Yang Enak

FANSPAGE