Resep Membuat Kolak Pisang dan Ubi Manis Super Nikmat

Resep Membuat Kolak Pisang - Pisang dan ubi manis merupakan tumbuhan yang mana buahnya bisa di olah menjadi aneka jenis makanan, mulai dari makanan, minuman, cemilan, keripik, kolak, kue dan masih banyak lagi yang bisa di buat dari kedua buah dan umbi-umbian yang satu ini. Sebenarnya dalam membuat kolak tidak harus menggunakan perpaduan antara pisang dengan ubi manis, bisa saja menggunakan perpaduan lain.

Resep Membuat Kolak Pisang dan Ubi Manis

Membuat kolak pisang saja atau kolak ubi manis saja juga bisa, saat ini tergantung dari selera masing-masing. Apabila tidak suka dengan ubi manis maka bisa menggantinya dengan singkong atau kacang hijau, semua terserah selera anda. Baiklah dari pada terlalu banyak bicara langsung saja kami bagikan resep membuat kolak pisang dan ubi manis sederhana yang lezat, dimana sangat cocok di santap dalam keadaan apa saja.

Resep Membuat Kolak Pisang dan Ubi Manis


Bahan :

- 250 gram gula jawa
- 750 cc air
- 3 lembar daun pandan
- 250 gram ubi, kupas kulitnya, iris bentuk dadu
- 1/4 sisir pisang kepok atau bisa menggunakan 2 buah pisang tanduk, kupas kulitnya, iris bentuk bulat-bulat
- 250 cc santan kental (gunakan 1/2 butir kelapa setengah tua agar tidak berminyak)
- 1 sdt garam

Cara Membuatnya :

1. Siapkan panci, rebus air dan tambahkan gula, daun pandan. Rebus hingga gula larut, angkat, saring agar santan jernih.
2. Masukkan pisang dan ubi ke dalam air gula tadi, rebus lagi hingga ubi manis empuk dan pisangnya matang.
3. Tambahkan santan kental dan garam.
4. Masak sambil terus diaduk hingga air kolaknya mendidih.  5. Angkat dan siap di hidangkan, konsumsi dalam keadaan hangat untuk rasa terbaik.
Baca Juga : Resep Cara Membuat Sambal Pecel Sederhana Yang Lezat
Dalam membuat kolak pisang dan ubi manis tidak di butuhkan teknik atau keahlian khusus, karena pada dasarnya cukup mudah dalam mengolanya dan sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar membuat kolak. Semoga hidangan kolak di atas bermanfaat dan terimakasih sudah membaca resep kolak pisang dan ubi manis enak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Kolak Pisang dan Ubi Manis Super Nikmat

FANSPAGE