Resep Cara Membuat Sambal Pecel Sederhana Yang Lezat

Resep Cara Membuat Sambal Pecel - Satu lagi makanan yang cukup lezat dan masuk dalam golongan makanan sejuta umat, yaitu pecel. Siapa sih yang tidak mengenal makanan yang satu ini, hampir di setiap pelosok negeri mengenal makanan yang satu ini, meskipun faktanya rasa dan bahan yang di gunakan di beberapa daerah di Indonesia bisa saja berbeda. Pecel di perkirakan berasal dari Ponorogo, sebuah kabupaten di Jawa Timur. Alasannya karena bumbu sambal kacang yang di gunakan dalam campuran pecel tersebut mirip dengan bumbu sate khas Ponorogo. Pecel juga tidak berbeda jauh dengan gado-gado, hanya saja campuran bahan, tekstur dan rasa sedikit berbeda.

Resep Cara Membuat Sambal Pecel

Pecel sangat cocok di sajikan di bulan puasa, dimana setelah menahan nafsu tidak makan dan minum kurang lebih selama 14 jam, tubuh membutuhkan asupan yang kaya dengan vitamin dan mineral agar tubuh tidak lemas. Karbohidrat, protein dan sayuran harus di penuhi agar tubuh kembali fit. Resep membuat pecel yang kami bagikan di bawah ini sangat cocok di santap sebagai menu buka puasa, karena kandungan serat dari sayuran yang baik. Selain itu apabila pecel pada umumnya hanya menggunakan sayur bayam, kangkung, kacang panjang dan touge, maka di kesempatan ini resep sambal pecel di tambahi dengan sayuran lain seperti bunga turi. Nah, apakah anda tertarik membuat pecel yang lezat ini? langsung saja baca resepnya berikut ini.

Resep Cara Membuat Sambal Pecel Yang Lezat


Saran Penyajian : 6
Waktu Memasak : -+ 30 Menit

Bahan :

- 250 gr bayam, siangi, buang batangnya
- 250 gr tauge, bersihkan akarnya
- 250 gr kacang panjang, potong 5 cm
- 250 gr bunga turi, buang putiknya

Bumbu :

- 350 gr kacang tanah, goreng, haluskan
- 4 lembar daun jeruk, iris halus
- 2 sdm air asam
- 300 ml air
- 4 buah cabai rawit merah
- 1 siung bawang putih
- 0.5 cm kencur
- ½ sdt terasi bakar
- 3 sdm gula merah iris
- 1 sdm makan garam

Cara Membuatnya :

1. Rebus bayam, kacang panjang, bunga turi, dan tauge secara bergantian menggunakan air mendidih. Tiriskan lalu sisihkan.
2. Campurkan kacang tanah yang sudah halus dengan bumbu lainnya, terus haluskan kembali. Campur dengan air asam. Uleni menggunakan sendok hingga tercampur rata.
3. Siapkan wadah saji, susun sayuran yang sudah direbus.
4. Siapkan mangkok sambal, cairkan bumbu sambal pecel dengan air.
5. Siapkan piring saji, susun sayur dan tambahkan dengan bumbu pecel yang sudah di cairkan.
Baca Juga : Resep Membuat Es Puding Yang Menyegarkan
Bagaimana, membuat pecel ternyata mudah ya? karena bahan yang di gunakan cukup mudah di dapatkan, selain itu mengolah pecel juga tidak begitu rumit. Namun apabila anda menyajikan pecel di bulan puasa, tantangannya adalah anda tidak bisa mencicipi pecel tersebut, tapi jangan khawatir, karena apabila saat berbuka pecel kurang pas, anda bisa menambahkan bumbunya, itulah kelebihan dari pecel. Semoga berhasil dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada rekan-rekan anda di sosial media, terimakasih sudah membaca resep sederhana membuat pecel.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Sambal Pecel Sederhana Yang Lezat

FANSPAGE