Resep Membuat Tahu Telur Khas Jawa Timur

Resep Membuat Tahu Telur Khas Jawa Timur
Resep Membuat Tahu Telur - Tahu telur merupakan hidangan khas Jawa Timur yang cukup terkenal terutama di kota-kota besar di Indonesia. Kita bisa menjumpai orang yang menjual tahu telur ini biasanya di rumah makan sederhana, warung pinggir jalan atau bahkan di restoran. Pada umumnya kita bisa menemukan tahu telur di warung tenda khas Sidoarjo atau Lamongan. Namun saat ini di kota-kota besar seperti Malang tidak susah mencari tahu telur ini. Untuk harga sendiri tergolong murah, mungkin per bungkus di jual sekitar 10 ribuan saja.

Namun tidak semua daerah menjual tahu telur ini, maka dari itu apabila anda susah mendapatkan tahu telur, jalan terakhir ialah membuat sendiri tahu telur tersebut dengan membaca resep membuat tahu telur yang kami bagikan di bawah ini. Tahu telur sendiri memang tidak kaya akan sayuran, karena sayuran yang di gunakan hanyalah tauge dan mentimun, maka dari itu apabila anda mengkonsumsi makanan ini harus di barengi dengan menu makanan lain terutama yang mengandung serat tinggi. Langsung saja ini dia resep tahu telur yang bisa anda coba di rumah sekarang juga.

Resep Membuat Tahu Telur Khas Jawa Timur


Bahan:

- 250 gr tahu putih, cuci bersih, potong dadu 1cm
- 5 butir telur ayam
- 1 sdm tepung terigu
- 50 ml air
- 2 siung bawang putih, haluskan
- ½ sdt garam
- 3 batang daun kucai, iris 1 cm
- 150 gram tauge, bersihkan, seduh air panas hingga layu
- 150 gram mentimun, cincang kasar

Sambal :

- 1 sdm minyak goreng
- 2 siung bawang putih, iris tipis
- 5 cabai rawit, iris halus
- 1 sdt garam
- 2 sdm petis udang
- 10 sdm kecap manis

Cara Membuatnya :

A. Adonan
1. Siapkan sebuah wadah, pecahkan telur ayam lalu kocok lepas. Masukkan terigu yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan air, bawang putih,  garam dan tahu iris. Campur merata dan bagi adonan menjadi 5 bagian.
2. Siapkan wajan anti lengket, lalu panaskan dan olesi dengan minyak. Tuangkan satu bagian adonan tahu telur, lalu masak menggunakan api kecil sampai adonan matang di satu sisinya. Balik adonan dan masak kembali sampai adonan matang di semua sisi dan merata. Angkat dan sisihkan. Lakukan langkah ini hingga adonan habis.


B. Sambal
1. Siapkan wajan lalu panaskan minyak, masukkan dan tumis cabai rawit dan bawang putih hingga ½ matang. Angkat dan segera haluskan.
2. Siapkan mangkuk kecil dan campur cabai, garam, bawang putih, petis dan kecap. Aduk merata.

Cara Penyajian :

Hidangkan tahu telur bersama dengan tauge, sambal petis, mentimun dan juga taburan daun kucai.
Baca Juga : Resep Cara Membuat Ketupat Yang Enak di Hari Lebaran
Membuat tahu telur memang tergolong gampang-gampang susah, namun selama anda mengikuti resep di atas denga benar, tahu telur siap anda santap bersama keluarga tercinta. Selain itu anda juga bisa mengkombinasikan resep di atas sesuai dengan selera anda. Selamat mencoba semoga berhasil dan terimakasih sudah membaca Resep Tahu Telur Yang Enak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Tahu Telur Khas Jawa Timur

FANSPAGE