Resep Cara Membuat Ketupat Yang Enak di Hari Lebaran

Resep Cara Membuat Ketupat Yang Enak
Resep Membuat Ketupat - Kurang lengkap rasanya apabila Hari Raya Idul Fitri tidak di lengkapi dengan sajian khas Nusantara yang satu ini. Yups, ketupat merupakan sebuah olahan makanan yang tidak lain tidak bukan terbuat dari nasi yang mana di olah sedemikian rupa di tambah lagi dengan bungkus dari daun kelapa yang di bentuk sedemikian rupa sehingga terciptalah ketupat ini. Kulit ketupat ini di buat dari daun kelapa yang masih muda atau yang di sebut dengan daun janur. Dimana melambangkan Hari Raya Lebaran itu merapatkan silaturahmi antar sesama khususnya bagi umat Islam.

Memang tidak ada kewajiban di dalam agama Islam untuk membuat ketupat di Hari Raya, namun yang namanya tradisi dan dengan adanya ketupat ini Hari Raya semakin terasa berkesan, maka ketupat ini memang tidak bisa di lepaskan sebagai hidangan di Hari Raya Lebaran. Ketupat sendiri biasanya di santap dengan opor ayam atau dengan sayur santan entah itu sayur santan ayam, tahu, kentang dan lain sebagainya.

Untuk membuat ketupat sendiri memang tergolong lama, dimana menggunakan panci biasa membutuhkan waktu minimal 3 jam, bahkan apabila kita ingin ketupat tersebut awet, kita bisa merebusnya lebih lama dari pada itu. Sedangkan sekarang sudah hadir yang namanya panci presto, dimana menggunakan presto, membuat ketupat jauh lebih cepat, sekitar 50%an. Yang semua 3 jam hanya menjadi 1,5 jam saja.

Baiklah bagi anda yang ingin membuat ketupat untuk sajian Hari Raya maka langsung saja membaca resep membuat ketupat yang sangat mudah berikut ini.

Resep Cara Membuat Ketupat Yang Enak di Hari Lebaran


Saran Penyajian : 16
Waktu Memasak : Panci Biasa 3 Jam, Presto 1,5 Jam

Bahan :

- 500 gram Beras
- 16 Kulit Ketupat Siap Pakai

Cara Membuatnya :

1. Cuci beras hingga bersih menyeluruh, tiriskan terlebih dahulu.
2. Siapkan kulit ketupat yang sudah siap pakai, langsung saja isi dengan beras yang sudah ditiriskan, sekitar 1/3 isi bagian atau tidak lebih dari 2/3 bagian ketupat.
3. Selanjutnya siapkan panci, susun ketupat di dalam panci dan tuangi air sampai hampir penuh.
4. Sekarang rebus selama kurang lebih 2 jam. Jika air mulai menyusut namun ketupat belum juga matang, tambahkan dengan air mendidih.
5. Apabila sudah matang, langsung tiriskan.
Baca Juga : Resep Membuat Terik Daging Khas Jawa Tengah Super Enak
Setelah ketupat di atas matang, maka segera mungkin keluarkan dari panci dan segera mungkin tiriskan. Anda bisa menggantung ketupat di tempat yang aman sampai ketupat tersebut kering dari sisa-sisa air rebusan. Pada suhu ruangan, ketupat bisa bertahan selama 2-3 hari, maka dari itu apabila anda ingin ketupat awet, masukkan saja ketupat ke dalam lemari pendingin, apabila ingin di makan, tinggal kukus saja sampai hangat kembali. Kami rasa cukup sekian semoga bermanfaat informasi Resep Membuat Ketupat Yang Enak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Ketupat Yang Enak di Hari Lebaran