Resep Membuat Terik Daging Khas Jawa Tengah Super Enak

Terik Daging Khas Jawa Tengah
Resep Terik Daging Khas Jawa Tengah - Terik daging merupakan olahan yang berasal dari provinsi Jawa Tengah. Sekilah terik daging ini menyerupai opor ayam yang biasanya di hidangkan di Hari Raya Lebaran, namun terik daging dengan opor ayam jelas berbeda. Perbedaannya sendiri bisa di lihat dari bahan utama yang di gunakan, dimana terik daging ini menggunakan daging sapi, sedangkan opor ayam jelas menggunakan ayam, yakni ayam kampung.

Daging sapi yang paling cocok dimasak menjadi terik daging ialah daging sapi has dalam, dimana bagian ini sangat cocok di jadikan bahan baku membuat terik daging karena sifat dagingnya yang mudah empuk dan matang. Namun apabila memang tidak ada daging sapi has dalam, anda bisa menggunakan bagian daging sapi lainnya, hanya saja apabila daging tersebut memiliki tekstur yang keras, lebih baik di rebus terlebih dahulu. Terik daging merupakan makanan yang sangat cocok di padukan dengan nasi hangat, selain itu di makan bersamaan dengan sayur bening bayam juga sangat cocok, semua tergantung dari selera masing-masing. Nah, bagi anda yang tertarik dengan resep terik daging sapi ini langsung saja baca resepnya di bawah ini.

Resep Membuat Terik Daging Khas Jawa Tengah Super Enak


Bahan :

- 500 gr daging has dalam, potong 10 bagian
- 250 ml santan kental
- 3 sdm minyak goreng untuk menumis
- 2 batang serai, memarkan
- 3 lembar daun salam
- 3 cm lengkuas, memarkan

Bumbu Halus :

- 4 siung bawang putih
- 6 butir kemiri
- 8 butir bawang merah
- 1 sdm ketumbar
- 1 sdt jintan
- 1 sdt merica
- 1 cm kunyit
- 3 cm jahe
- 1 sdm garam

Cara Membuatnya :

1. Pertama panaskan minyak goreng di dalam wajan, masukkan semua bumbu halus, lengkuas, daum salam, serai. Tumis sampai layu dan baunya harum.
2. Masukkan daging has dalam, masak sampai daging berubah warna dan terasa sudah empuk.
3. Selanjutnya tambahkan santan kental dan masak terus sampai santan mengering dan dagingnya empuk.
4. Angkat dan siap di sajikan, tambahkan taburan bawang goreng di atasnya agar lebih nikmat.
Baca Juga : Resep Membuat Gulai Kambing Sederhana Yang Lezat
Membuat terik daging memang tergolong gampang, dengan waktu sekitar 1 jaman saja anda sudah bisa menyajikan makanan lezat baik untuk anda sendiri maupun bagi keluarga tercinta. Selain itu terik daging juga bisa di hangatkan berkali-kali agar tidak basi, tentu saja anda bisa membuat terik daging dengan jumlah yang agak banyak. Semoga berhasil ya.. terimakasih sudah membaca ulasan Resep Terik Daging Sapi Lezat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Terik Daging Khas Jawa Tengah Super Enak

FANSPAGE