Resep Membuat Gulai Tempe Super Enak

Resep Membuat Gulai Tempe Super Enak
Resep Membuat Gulai Tempe - Tempe merupakan makanan yang mengandung banyak sekali protein dan merupakan salah satu sumber makanan nabati yang menyehatkan. Tak salah memang apabila tempe merupakan makanan sejuta umat bagi masyarakat Indonesia. Tempe sendiri bisa di olah menjadi aneka bentuk dan jenis makanan. Dan ternyata selain di masak menjadi berbagai jenis seperti tempe goreng, tumis tempe dan sayur tempe, tempe ternyata juga bisa di olah menjadi makanan yakni gulai tempe.

Bagi siapa saja yang baru mengenal makanan ini jelas terkejut, termasuk penulis. Gulai pada umumnya menggunakan bahan dasar daging kambing, namun kali ini bahan dasar yang di gunakan adalah tempe. Yang mana tempe sendiri bukanlah makanan hewani namun nabati. Bagi anda yang menyukai gulai namun ingin menghindari daging kambing karena alasan tertentu, maka gulai tempe yang berbahan dasar tempe menjadi pilihan yang tepat bagi anda. Langsung saja baca ini dia resep cara membuat gulai tempe yang telah kami sajikan di bawah ini.

Resep Membuat Gulai Tempe Super Enak


Waktu Memasak : 40-50 menit
Saran Penyajian : 6 Orang

Bahan :

- 400 gram tempe, potong dadu 3 cm
- 3 lembar daun jeruk purut
- 1 batang serai, memarkan
- 750 cc santan
- 1 potong asam gelugur

Bumbu Halus :

- 6 buah cabai merah
- 1 sendok the ketumbar
- ¼ sendok the jinten
- 1 sendok the merica bulat
- 3 buah kemiri, sangrai/goreng
- ½ sendok makan lengkuas
- 2 sendok teh kunyit
- 3 siung bawang putih
- 6 siung bawang merah
- Garam dan gula menurut selera

Cara Membuatnya :

1. Pertama siapkan wajan dan masukkan semua bahan di atas mulai dari bahan sampai bumbu halus.
2. Selanjutnya didihkan air, apabila sudah masak sampai seluruh bahan di atas matang dan kuahnya sudah mengental, dalam proses ini gunakan api kecil saja.
3. Apabila sudah matang dan kuah mengental, angkat dan siap di hidangkan.
Baca Juga : Resep Cara Membuat Tumis Buncis Yang Lezat
Agar resep di atas menghasilkan gulai dengan rasa yang sesuai dengan keinginan anda, maka anda bisa mengkreasikan sendiri seperti menambah bahan atau bumbu. Kami rasa cukup sekian yang dapat kami bagikan, semoga saja referensi kali ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca resep gulai tempe lezat dan mudah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Membuat Gulai Tempe Super Enak