Resep Membuat Ayam Goreng Serundeng Gurih Lezat Sekali

Resep Membuat Ayam Goreng Serundeng Gurih - Sudah bukan rahasia lagi jika hidangan daging ayam merupakan hidangan spesial yang hampir semua orang menyukainya, kecuali mereka yang alergi dengan daging ayam. Mungkin juga di antara kita ada yang tidak suka dengan daging kambing atau daging sapi, sehingga daging ayam menjadi salah satu solusi terbaik. Di kesempatan kali ini admin akan membagikan sebuah resep spesial olahan dari daging ayam yakni resep ayam serundeng.

Kita pasti mengenal serundeng, olahan dari kelapa ini memang menjadi ciri khas masakan nusantara, tidak hanya di pulau jawa saja namun juga di pulau dan daerah lain di Indonesia. Serundeng pun bisa di kreasikan dengan daging lain semisal daging sapi, termasuk daging ayam. Ayam goreng serundeng tentu menjadi olahan yang sangat enak apalagi di santap dengan nasi hangat, lalapan sayur plus sambal membuat rasanya sangat lezat.

Resep Membuat Ayam Goreng Serundeng Gurih Lezat Sekali

Untuk membuatnya bisa di katakan gampang-gampang susah, tidak berbeda jauh dengan membuat ayam goreng lainnya. Tentu saja yang menjadikan menu kali ini spesial adalah adanya serundeng sebagai pelengkap. Yang mana akan menambah rasa gurih pada ayam goreng.

Perlu di ketahui untuk membuat serundeng, kita harus memperhatikan penggunaan gula merah, gula yang terlalu banyak bisa menyebabkan serundeng cepat gosong yang membuat tampilan serundeng kurang bagus. Untuk menambah rasa gurihnya, bisa menggunakan air kelapa muda sebagai perebus. Dengan menggunakan air kelapa daging ayam semakin cepat lunak.

Jika anda tertarik membuat ayam goreng serundeng bisa langsung menyimak resepnya berikut ini.

Resep Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng Gurih


Waktu Memasak = kurang lebih 90 Menit
Saran penyajian: 8 porsi

Bahan :

- 1 ekor ayam kampung, bersihkan, potong 8 bagian
- 500 ml air kelapa muda
- 300 gram kelapa parut
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :

- 6 butir bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 2 sdm gula merah iris
- 2 lembar daun salam
- 1 sdm garam
- 1 sdm ketumbar
- 3 cm lengkuas, memarkan
- 2 sdm air asam

Cara Membuatnya :

1. Campurkan semua bumbu halus dan bahan kecuali ayam dan minyak goreng. Selanjutnya masak bumbu hingga mendidih dan bumbunya tercampur rata.
2. Masukkan potongan ayam, kecilkan api dan ungkep ayam hingga ayam matang dan bumbunya meresap. Angkat, tiriskan. Sisihkan bumbunya.
3. Panaskan minyak goreng, goreng ayam sampai kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
4. Tumis sisa bumbu menggunakan wajan anti lengket sampai menjadi serundeng. Angkat.
5. Sajikan sebagai pelengkap ayam goreng.
Baca Juga : Resep Membuat Sate Kambing Empuk dan Anti Prengus
Untuk membuat ayam serundeng mudah bukan? resep kali ini sangat cocok untuk anda yang bosan dengan ayam goreng biasa. Di makan dengan nasi hangat membuat rasanya lebih nikmat. Cukup sekian yang dapat kami bagikan, semoga informasi resep membuat ayam goreng serundeng bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Membuat Ayam Goreng Serundeng Gurih Lezat Sekali

FANSPAGE