Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Empuk Enak

Resep Cara Membuat Rendang Daging - Olahan yang berasal dari daging memang sangat banyak dan bervariasi, daging sapi salah satu daging yang paling mudah di olah dan banyak sekali makanan yang berasal dari daging sapi mulai dari bakso, rendang, soto daging dan lain sebagainya. Tak heran pula jika daging sapi sangat di butuhkan banyak orang dan membuat harganya cukup meroket di Indonesia, yakni di kisaran 100 ribuan per kilonya. Salah satu olahan daging sapi yang sangat nikmat ialah rendang, yups olahan yang satu ini cukup terkenal di segala pelosok negeri bahkan rendang merupakan salah satu dari sekian makanan terlezat di Dunia. Tetapi tentu semua itu tergantung dari siapa yang mencicipinya.....

Rendang banyak kita temukan di rumah makan padang ataupun di rumah makan biasa non padang, Harganya yang cukup terjangkau membuat makanan ini populer dan menjadi makanan yang paling di cari. Rasanya yang gurih dan khas membuat rendang banyak di jadikan sebagai menu andalan bahkan menjadi makanan dari acara hajatan bagi masyarakat.

Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Empuk

Resep membuat rendang daging empuk yang kami bagikan ini perlu di coba di rumah khususnya bagi ibu rumah tangga, karena rendang ini rata-rata di sukai semua orang. Salah satu permasaah yang sering terjadi ialah daging rendang yang keras, cara untuk mengatasinya yakni dengan merebus daging tersebut dalam durasi yang sangat lama sampai kiranya daging menjadi empuk sempurna. Cara tersebut memang tidak salah, hanya saja dari segi waktu membuang banyak waktu dan juga bahan bakar. Lantas bagaimana cara efektif agar daging rendang bisa empuk?

1. Dipipihkan
Ini merupakan trik yang paling sederhana dan hampir semua orang mengetahuinya. Trik yang satu ini hanya bisa di terapkan pada beberapa menu makanan saja seperti rendang daging ini misalnya. Substansinya hanya untuk masakan yang menggunakan daging sapi dengan potongan yang tidak terlalu tebal. Caranya sangat mudah, sebelum daging di masak, pukul daging dengan alat pemukul daging dan tumbuh sampai daging sedikit pipih, barulah selanjutnya di masak.

2. Balur dengan Nanas Muda
Membalur daging dengan nanas muda merupakan cara yang paling tepat untuk semua jenis masakan, tidak hanya daging yang pipih saja namun daging yang sedikit tebal bisa menjadi empuk. Daging yang sudah di balur dengan nanas pun lebih cepat empuk sehingga tidak butuh waktu lama saat memasaknya. Caranya sangat mudah, setelah di cuci hingga bersih, balur seluruh permukaan daging menggunakan nanas muda yang sebelumnya telah di haluskan(di blender atau di parut). Lalu diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. Selanjutnya cuci bersih sampai rasa nanasnya hilang baru daging di masak. Sembari menunggu daging empuk selama 20-30 menitan, anda bisa menyiapkan bumbu yang nantinya di gunakan, inilah yang di namakan manajemen waktu memasak.

Sekarang anda sudah mengetahui cara agar daging menjadi empuk, sekarang kembali ke permbahasan sebelumnya tentang cara membuat rendang daging sapi empuk, silahkan simak resep sederhananya berikut ini.

Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Empuk


Bahan-bahan :

- 500 gram daging sapi lulur. Lalu potong melebar menjadi sekitar 12 bagian
- 2 lembar daun kunyit
- 2 batang serai , memarkan
- 1 buah pekak
- 2 lembar daun jeruk
- 2 sendok makankelapa parut sangrai
- 1000-1500 ml santan dari 2 butir kelapa
- 2 sendok makanminyak goreng

Bumbu Halus :

- 10 butir bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 150 gram cabai merah
- cabai rawit sesuai selera
- 5 butir kemiri
- 1/2 sendok teh jinten
- 1 sendok teh ketumbar
- 1/2 cm kunyit
- 1 cm jahe
- garam secukupnya

Cara Membuatnya :

1. Panaskan minyak, masukkan bumbu halus, daun kunyit, serai, daun jeruk dan pekak lalu tumis hingga harum.
2. Masukkan daging, aduk daging hingga warnanya berubah.
3. Tuangkan santan dan masukkan kelapa parut sangrai, lalu masak di atas api sedang saja sambil diaduk perlahan-lahan hingga mendidih.
4. Kecilkan api dan masak hingga dagingnya matang, berminyak dan berwarna kecoklatan.
5. Angkat dan sajikan.
Baca Juga : Resep Membuat Tumis Jengkol Pedas Manis Sederhana
Untuk mengolah daging menjadi rendang bisa di katakan gampang-gampang susah, namun jika kita tidak mencobanya kapan bisanya. Yang perlu membaca ketahui, dalam mengolah rendang ini terdapat banyak sekali resep-resep selain resep di atas, terkadang antara satu dengan yang lainnya berbeda. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share melalui media sosial di bawah. Terimakasih sudah membaca ulasan resep membuat rendang daging sapi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Empuk Enak

FANSPAGE